Senin, 22 November 2010


1. Jelaskan model siklus sistem informasi
jawab:
Pada dasarnya data adalah bentuk yang masih mentah,sehingga perlu diolah ulang. data diolah melalui suatu model untuk membentuk informasi. dapat berbentuk semacam simbol-simbol seperti huruf, angka, suara, sinyal, gambar, dsb.
yang kemudian penerima menerima informasi tersebut, yang akan membuat keputusan dan melakukan tindakan. yang berani menghasilkan suatu tindakan yang lain akan membuat sejumlah data kembali. data tersebut akan ditangkap sebagai input, diproses kembali lewat suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus. siklus ini oleh john burch disebut dengan siklus informasi (information cycle) ada juga yang menyebutnya dengan istilah siklus pengolahan data (data processing cycle).




Gambar. siklus informasi

 2. Jelaskan model sistem informasi berbasis komputer
Jawab :
manager membuat keputusan untuk memecahkan masalah dan informasi digunakan dalam membuat keputusan. informasi disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi.
CBIS atau sistem informasi berbasis komputer terdiri dari 5 bagian.masing-masing adalah Sitem Informasi Akutansi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, Sistem Otomatisasi Kantor. yang semuanya akan membentuk suatu informasi. sehingga dapat membuat keputusan dari sebuah masalah untuk dapat menciptakan solusi guna memecahkan suatu masalah.




3. Jelaskan tugas para spesialis informasi
Jawab :
- analsis sistem (system analyst) bertugas untuk menyiapkan gambaran beban kerja, menyusun prosedur untuk pengawasan sistem baru, menyusun data flow diagram (aliran data) untuk aliran informasi.
- pengelola database (database administrator) bertugas untuk membentuk database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi user. sebagai yang mengelola sumber daya informasi yang penting.
- spesialis jaringan (network specialist) bertugas untuk membuat jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya komputer yang tersebar.
- programmer bertugas : tanggung jawab yang terbatas dalam pembuatan program komputer (coding), pengetahuan yang cukup terbatas dalam teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa pemrograman yang diperlukan, pekerjaan nya bersifat teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program, pekerjaan nya tidak menyangkut banyak orang, terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
- operator bertugas memantau monitor, mengelola disk storage, dan lain-lain.

4. Sebutkan dan jelaskan Sumber Daya Informasi dalam suatu organisasi.
Jawab : 
-Perangkat Keras Komputer (Hardware), merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. sangat membantu untuk sumber daya informasi suatu organisasi

-Perangkat Lunak Komputer (Software) , Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. menyimpan informasi untuk suatu organisasi yang terstruktur.

-Para spesialis informasi, Para spesialis informasi adalah Adalah pegawai organisasi yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer.

-Pemakai (brainware), yaitu yang menjalankan, mengatur semua aktivitas komputer. sumber daya informasi yang pokok dalam suatu organisasi.

-Fasilitas, sesuatu yang dapat membantu memudahkan pekerjaan, tugas dan sebagainya. Sehingga dapat dismpulkan bahwa fasilitas teknologi informasi di perpustakaan adalah segala sesuatu yang dapat membantu memudahkan pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan.

-Database, Basis data. Representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi)yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

-Informasi, Keterangan, penerangan. Data yang telah diproses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata, sehingga dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan, dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang.
Susunan hirarki informasi mulai dari data/fakta, kemudian diseleksi dan diolah menjadi sesuatu yang berguna.


5. Jelaskan peranan End-user computing dalam suatu manajemen.
- pemindahan beban kerja.
pengembangan sistem ke area pemakai membebaskan para spesialis untuk berkonsentrasi pada sistem yang kompleks dan berlingkup organisasi. sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area-area tersebut.
-kesenjangan komunikasi
kesulitan informasi antara pemakai dan para spesialis informasi telah mengganggu pengembangan sistem sejak awal masa komputer. dengan membiarkan pemakai mengembangkan aplikasi mereka sendiri, tidak ada kesenjangan komunikasi karena tidak diperlukan komunikasi. demikian pula, saat pemakai mengembangkan sebagian sistem mereka, kesenjangan ini akan berkurang.

oleh : Winda Lestari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar